Review: Genesis Coffee Arabica Gunung Puntang

Pada kali ini saya mau share resep masakan Review: Genesis Coffee Arabica Gunung Puntang. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Resep Masakan Emak-Emakdan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya :

Sebetulnya udah lama pengen review kopi arabika yang satu ini, cuma baru sempat.. hehe. Sebelumnya, aku mau disklaim dulu, bahwa aku tuh bukan orang yang paham banget kopi, tapi kalau urusan icip-icip juara banget 😊. Dan mohon maaf, kebanyakan yang diobrolkan adalah kopi arabika, karena di rumah lebih doyan kopi arabika, meskipun harganya nambah dikit ya,  dan hari ini juga ternyata akan membahas lagi soal kopi arabika dari produsen yang lain, oh ya sambil ngopi-ngopi cantik siapa tahu mau baca beberapa artikel kopi arabika yang sempet aku review:

Informasi Produk

Genesis adalah salah satu seller berbagai jenis kopi dan produk sejenis, yang domisilinya di daerah Lembang, Bandung. Ada banyak jenis kopi sebetulnya yang bisa di pilih, tapi kebetulan aku penasaran banget sama jenis kopi arabika dari daerah Gunung Puntang (FYI, kopi arabika itu kopi khas pegunungan yang ditanam di ketinggian bervariasi rata-rata sih 1000 - 2000 mdpl, dan termasuk kopi eksklusif dengan cita rasanya enak, makanya di pasaran harganya lumayan mahal dibandingkan Robusta atau Blend.), aku belinya di sini nih, gratis ongkir dan dapet cashback karena official storenya.

(Genesis Arabica Coffee Gunung Puntang)

Dari kemasannya emang khas UMKM banget, malah aku tuh lebih seneng bungkus kopi yang sederhana aja kemasannya asalkan ada ziplock nya biar gampang bungkus lagi kalau sudah di pakai, dan emang kelihatan lebih ekslusif dibandingkan kemasan kopi pabrikan. Di kemasannya juga langsung to the point, informasi seputar kopi yang ada di dalamnya, misal asal daerah, jenis kopi, karakter kopi, dan lain-lain, dan hampir tidak ada narasi lain di bagian depan kemasannya.

(Informasi produk)

Sedikit membahas tentang Gunung Puntang, gunung ini terletak di daerah Bandung Selatan dengan ketinggian sekitar 2223 Mdpl. Untuk urusan wisata alam dan keindahannya, gunung ini gak usah diragukan lagi sepak terjangnya, kalau kamu main ke daerah Bandung, gunung ini bisa jadi spot terbaik menikmati city light kota Bandung. Karena pegunungan, tanah di daerah ini tentu sangat subur, terutama untuk bertanam kopi, bahkan kopi Gunung Puntang termasuk salah satu jenis kopi terbaik dunia, karena telah memenangkan penghargaan Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016 (kompas.com)bayangkan!😱

Rasa dan Aroma

Rasa emang gak pernah bohong sih, pertama kopi ini keluar dari bungkusnya akan tercium aroma buah-buahan dengan sedikit hint asam yang segar mirip buah belimbing atau semacamnya, sama sekali gak ada aroma pahit parah kaya rasa tanah gitu. kebetulan aku ambil dengan body moderat, jadi warna kopinya emang gak terlalu pekat tapi ngga juga pucet (sebelum diseduh lho ya), bubuk nya juga aku minta digiling V60 supaya teksturnya masih bisa diraba, dan aromanya masih khas biji kopi. Menurut pengalaman aku kalau giling halus aromanya terlalu keluar jadi agak susah membedakan aroma lain yang khas dari masing-masing jenis kopi, misal kaya yang ini kan ada sentuhan aroma starfruit.

(Tekstur kopi)
Lihat foto itu mirip tanah ya...soalnya anaku juga bilang gitu..hehe Tapi kalau coba diicip, serius, rasanya sama sekali gak pahit (ya pahit dikit sih namanya juga kopi). Setelah di tubruk air panas, aroma nya lebih keluar lagi, bahkan tercium semacam buah apel selain belimbing, selewat gitu. Ini cocoknya emang di tambahain gula aren, biar rasa dan aroma kopinya gak kabur.

Untuk lambung, sejauh ini aman-aman aja, karena setahu aku yang dimaksud acid pada kopi arabika bukan asam identik dengan asam lambung, tapi maksudnya rasa dan aroma asam yang ke luar dari kopi secara alami, walaupun faktanya, untuk beberapa orang dengan lambung sensitif bisa ngaruh juga, tapi tergantung masing-masing orang juga.

Spesifikasi Kopi

Secara sepintas, karakter Genesis Arabica Coffee Gunung Puntang ini, 

  • Body : Medium
  • Flavor Notes : Starfruit, Fruity
  • Acidity : Medium - High
  • Origin : West Java




from Dapur Mama Badar


Jangan lupa komen di blog https://resepemakemak.blogspot.com agar kami masin semangat untuk update resep terbaru. Terima Kasih
Review: Genesis Coffee Arabica Gunung Puntang

Sekian resep masakan yang dapat saya bagikan tentang Review: Genesis Coffee Arabica Gunung Puntang

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Resep Masakan Emak-Emak sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah https://resepemakemak.blogspot.com/2021/02/review-genesis-coffee-arabica-gunung.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top