Nasi gurih abon nagget ayam spesial

Pada kali ini saya mau share resep masakan Nasi gurih abon nagget ayam spesial. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Resep Masakan Emak-Emakdan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya :
Nasi gurih disebut juga dengan nasi uduk atau nasi lemak. Nasi ini populer dikalangan orang melayu baik yang tinggal di negara kita, Malaysia dan *Thailand (*itu yang saya tau karena pernah berkunjung kesana waktu kuliah). Kalau orang melayu nasi gurih ini disebut "nasi lemak", orang jawa tengah menyebutnya "nasi/sego gurih", orang jawa barat/betawi menyebutnya "nasi uduk". Dikatakan nasi gurih karena berasnya dimasak menggunakan santan dan ditambah dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, sehingga menimbulkan rasa yang gurih dan aroma yang sedap/harum. 

Di daerah jogja dan sekitarnya, nasi/sego gurih biasa disandingkan dengan kacang kedelei yang dihaluskan dan lauknya adalah ayam goreng, irisan telur dadar dan abon serta kering tempe, pelengkapnya berupa irisan timun dan tomat. Nasi gurih biasanya dibuat untuk acara-acara tertentu seperti selamatan, among-among (jawa), pesta nikah dan syukuran. Warung nasi gurih atau nasi uduk di jogja banyak dikunjungi pembeli karena mirip dengan menu penyetan hanya nasinya saja yang berbeda. Biasanya menu nasi gurih ini sedikit lebih mahal dibandingkan nasi penyetan biasa. 

Yuk, intip bagaimana caranya membuat nasi gurih yang spesial rasanya,  ikuti resepnya..

Bahan : 
Beras 750 g atau 3/4 kg
Santan 1000 ml
2 lbr daun salam
2 batang serai 
Garam secukupnya kira-kira 2 sdt

Lauk pelengkap: 
Abon
Nugget

Cara membuat :
1. Cuci beras sampai bersih 
2. Didihkan santan
3. Masukkan garam, daun salam dan serai
4. Masukkan beras dan aduk2 sampai rata 
5. Tanak sampai santannya benar-benar terserap
6. Kukus beras yang sudah ditanak kedalam panci sampai matang
7. Setelah matang, angkat dan sajikan hangat dengan lauknya

Lauk yang disajikan bisa apa saja sesuai selera. Jangan lupa beri taburan bawang goreng agar penampilannya lebih manis dan rasanya lebih enak, disertai pelengkap sayuran seperti timun dan tomat. Ok, mudah bukan..selamat mencoba!



Sekian resep masakan yang dapat saya bagikan tentang Nasi gurih abon nagget ayam spesial

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Resep Masakan Emak-Emak sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah https://resepemakemak.blogspot.com/2018/08/nasi-gurih-abon-nagget-ayam-spesial.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top